PKS NEWS UPDATE:
« »

Senin, 12 Desember 2011

Kesejahteraan Penggiat PAUD Harus Diperjuangkan

PKS Jakarta - Persyaratan akreditasi yang diminta untuk memperoleh dana bantuan penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dinilai sangat memberatkan. Mengingat PAUD selama ini tumbuh dan berkembang atas inisiatif masyarakat, yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga yang juga penggiat PKK.

Hal itu terungkap dalam acara reses anggota DPRD DKI Jakarta, Rifkoh Abriani bersama dengan Himpunan PAUD (Himpaudi) kecamatan Pulo Gadung.

Salah satu perwakilan dari pendidik PAUD menilai, seharusnya untuk menggulirkan bantuan, pemerintah tidak meminta persyaratan yang memberatkan. “Apa bedanya penggiat PAUD dengan jumantik dan kader Posyandu yang mendapat perhatian kesejahteraan dari pemerintah”, ungkap mereka.

Rifkoh sendiri mengakui, PAUD sebagai salah satu program unggulan Pemda DKI Jakarta, justru belum mendapatkan dukungan berupa anggaran yang luas bagi penggiatnya. Selama ini PAUD masih bernaung dalam program penguatan kelurahan, karenanya masih tergantung dengan alokasi anggaran dari kelurahan. Namun dirinya menjamin, akan terus memperjuangkan pemberian bantuan operasional juga bantuan kesejahteraan bagi penyelenggaraan PAUD di masyarakat.

“Investasi kita di PAUD memang tidak bisa dinikmati dalam setahun dua tahun, karena mendidik anak-anak usia dini bukanlah perkara yang bisa dipetik dalam jangka waktu yang dekat”, ujar Rifkoh yang merupakan anggota Komisi E. Ini adalah salah satu usaha kita untuk meningkatkan Indeks
Pembangunan Manusia di Jakarta, untuk itu, tidak bisa tidak, alokasi anggaran untuk penyelenggaraan PAUD di masyarakat harus signifikan.

Selebihnya, para pendidik PAUD di Pulo Gadung ini juga meminta agar para wakil rakyat juga memikirkan peningkatan kualitas pengajar PAUD. “Tidak mungkin kita berharap para lulusan S1 dan S2 terjun menjadi pengajar di PAUD”, ujar mereka. Karenanya para pengajar yang ada sekarang, yang sebagian besar adalah lulusan SMA dan SMP, harus banyak diberikan pelatihan singkat dari tenaga profesional sebagai bekalan mendidik anak-anak usia dini. Pelatihan dari psikolog, pendidik, bahkan tenaga medis sekalipun menjadi hal yang sangat berarti bagi penggiat PAUD. Karena hal tersebut dapat membantu mereka menyelami lebih dalam dunia anak-anak, agar nilai-nilai dan tradisi kebaikan dapat ditanam pada jiwa-jiwa anak didik sedini mungkin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan